Tips cara mempercepat koneksi internet

Perkembangn teknologi sangatlah cepat, seperti halnya kebutuhan komunikasi dengan melalui jaringan internet. Lewat koneksi internet ini digunakan untuk sarana kebutuhan komunikasi dengan kecepatan tinggi dan komunikasi instan. Itulah mengapa tidak sedikit orang yang frustasi jika Internet yang digunakan terasa lambat dan menjadi sesuatu yang buruk untuk sebuah bisnis ataupun kebutuhan sosial lewat internet.

Namun, terkadang masih banyak pengguna yang membayar untuk akses Internet kecepatan tinggi tetapi hasilnya tidak diharapkan. Untungnya, ada cara untuk mempercepat Internet tanpa harus mengubah ISP Anda atau membeli komputer yang lebih kuat. Berikut adalah beberapa tips tentang cara mempercepat koneksi internet komputer untuk Anda tanpa terlalu banyak kerumitan.

1. Bicaralah dengan penyedia layanan jika diperlukan

Pertama-tama, hubungi penyedia layanan Anda dan periksa apakah mereka melakukan pekerjaan mereka dengan benar dan memberikan layanan yang Anda bayar. Atau mungkin paket Anda sudah kedaluwarsa dan perusahaan akan meningkatkan Anda ke yang lebih baik baik secara gratis atau dengan sedikit biaya peningkatan. Namun, perlu diingat bahwa sangat sedikit orang yang mendapatkan kecepatan tertinggi.

2. Install browser yang cocok

Kebanyakan orang masih menggunakan Internet Explorer, meskipun itu bukan browser tercepat pada saat ini. Jika Anda pengguna Internet aktif, sebaiknya periksa browser yang berbeda, seperti Chrome, Firefox, dan Opera untuk melihat mana yang paling cocok untuk jenis koneksi dan konfigurasi perangkat keras Anda. Misalnya, Chrome sangat baik untuk komputer dengan RAM rendah, karena tidak haus memori seperti Firefox dan IE.

3. Setting atau tweak router Anda

Jika Anda menggunakan router, Anda mungkin dapat mempercepat Internet dengan menyesuaikan pengaturan router. Ada terlalu banyak router untuk memberikan saran khusus, tetapi sebagian besar router dapat di-tweak untuk membuka port dan meningkatkan kecepatan Internet Anda. Cukup periksa manual untuk hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja atau gunakan Google untuk menemukan jawaban untuk router khusus Anda.

BACA JUGA  Cara Download Video Pada Instagram

Sebelum Anda melakukan tweaking, periksa apakah Anda cukup dekat dengan router saat Anda menggunakan Internet. Karena jika terlalu jauh dapat membuat koneksi menjadi sangat lambat dan tidak stabil.

Hal lain yang harus Anda coba sebelum mengubah pengaturan apa pun adalah me-restart router Anda. Terkadang tindakan sederhana ini dapat mempercepat koneksi Internet Anda secara dramatis.

4. Cegah akses yang tidak sah (diluar batas wajar)

Jika Anda menggunakan koneksi Internet nirkabel, pastikan Anda tidak membagikannya dengan seluruh lingkungan. Semakin banyak orang menggunakan koneksi Anda, semakin lambat bagi Anda. Jadi setidaknya buatlah kata sandi WEP untuk menghentikan pengguna yang tidak sah menggunakan koneksi Internet Anda. Atau jika perangkat keras Anda kompatibel, atur enkripsi WPA.

5. Kontrol penggunaan bandwidth Anda

Ada banyak aplikasi yang akan menggunakan bandwidth Anda di latar belakang, seperti Pembaruan Windows, Windows Live Messenger, Skype, Real player, pembaruan Adobe Reader, dan perangkat lunak serupa lainnya. Kebanyakan dari mereka biasanya mulai secara otomatis ketika Anda masuk ke Windows dan terhubung ke Internet segera setelah ada koneksi. Ini berarti bahwa program-program ini menggunakan bandwidth Anda ketika Anda tidak benar-benar menggunakannya.

Sebagian besar aplikasi ini dapat dikonfigurasi untuk tidak memulai log-on Windows atau setidaknya meminta izin untuk terhubung ke Internet. Jika Anda tidak yakin program mana yang diam-diam menggunakan bandwidth Anda, Anda dapat menggunakan alat gratis bernama Auslogics Task Manager. Dengan bantuan program ini Anda dapat melacak aplikasi dan proses mana yang memakan lalu lintas jaringan Anda.

Jika kecepatan koneksi Internet Anda tiba-tiba turun tanpa alasan yang jelas, periksa komputer Anda untuk malware dan spyware. Perangkat lunak berbahaya sering menggunakan koneksi Internet Anda untuk mengirim informasi ke pengembangnya.

BACA JUGA  Cara Membuat Android Lebih Cepat Dan Halus (10 Tips)

6. Lakukan beberapa perawatan PC dasar

Jika komputer Anda lambat, tidak peduli seberapa cepat koneksi Internet Anda – semuanya akan lambat karena komputer Anda tidak dapat mengatasinya. Jawabannya adalah untuk menjaga komputer Anda dalam kondisi yang baik dan melakukan perawatan rutin seperti pembersihan dan defrag disk, perbaikan registri, dan tugas-tugas lain seperti memantau item startup Anda dan mengoptimalkan layanan Windows. Dengan cara ini Anda tidak hanya akan mempercepat kinerja komputer, tetapi juga mempercepat koneksi internet Anda.

Ada banyak alat yang akan membantu Anda melakukan pekerjaan itu, mulai dari yang built-in Windows hingga suite pengoptimalan PC lengkap seperti Auslogics BoostSpeed yang menawarkan perawatan sekali klik dan alat canggih untuk meningkatkan kinerja komputer lebih jauh lagi. Ini juga memiliki alat yang disebut Pengoptimal Internet yang akan membantu Anda mengoptimalkan koneksi Internet Anda untuk kecepatan maksimum.