Cara Menggambar Secara Mirror Pada Adobe Illustrator CC

Kali ini mimin akan menjelaskan cara membuat efek mirror menggunakan adobe illustrator CC. Menggambar atau membuat sketsa seperti cermin langsung pasti akan menyenangkan karena akan lebih mudah jika sobat menginginkan posisi gambar secara simetris atau sisi kanan kiri, bawah atas sama. Mengetahui dengan cara mengatur dokumen pada Illustrator sebelum mulai projek. “Live mirror drawing” berarti membuat objek simetris dengan menggambar hanya setengahnya. Saat menggambar sesuatu di artboard, bagian pelengkap dibuat secara otomatis dengan cepat melintasi sumbu x atau sumbu y.

Tutorial ini akan memberi informasi tentang cara memperluas objek cermin di ilustrator untuk menyalin dan menempelkannya ke file lain. Jika Sobat terbiasa dengan gambar cermin langsung, Sobat mungkin telah memperhatikan bahwa terkadang tidak mungkin untuk memilih dan menyalin seluruh gambar.

Tentunya akan sangat repot atau ribet jike sobat tidak menggunakan trik perminan ini jika ingin melalukan secara simetris, artinya “Live mirror drawing” membantu secara langsung tidak perlu menyalin sisinya.

Menerapkan efek refleksi/Mirror secara langsung “Live mirror drawing”

Langkah 1.

Buat Dokumen

  • Buat dokumen baru (File > New). Tentukan ukuran artboard yang Anda inginkan.
  • Buka panel layer Anda (Window> Layers). Pertama, Anda hanya memiliki satu layer. Pilih ikon target di sebelah nama layer.
  • Jika sudah dipilih maka lingkaran kecil akan muncul di sekitar ikon target seperti gambar di bawah ini.

 

Langkah 2.

Terapkan efek

  • Masuk ke panel tampilan (Window>Appearance). dan klik ikon Fx di bagian bawah panel.
  • Dari daftar perintah, pilih Distort Transform kemudian transform.

Tampilan dialog efek transformasi akan muncul

  • Di kotak dialog, klik kotak centang yang diperlukan untuk sumbu X. Ketik jumlah salinan cukup 1.
  • Tekan Oke.

Seperti yang mungkin Anda perhatikan, ikon target di sebelah nama layer di panel layer diisi dengan warna abu-abu. Ini berarti bahwa layer memiliki efek yang diterapkannya. jika ikon target diklik, efek yang diterapkan akan ditampilkan di panel tampilan. Anda dapat membatalkan pilihan ikon target dengan menahan tombol CTRL/CMD dan klik kiri mouse.

Langkah 3.

Gambarlah tiruannya untuk refleksi, hasil nyatanya untuk simetris yang lebih mudah

Karena kami menerapkan efek ke layer, apa pun yang Anda gambar di layer ini akan tercermin baik pada sumbu x atau sumbu y tergantung pada kebutuhan atau pengaturan Anda.

Dalam metode ini, refleksi diterapkan ke seluruh objek berdasarkan titik tengah geometris objek di artboard. Titik tengah geometris berubah setiap kali objek baru digambar. Triknya adalah jika Anda menggambar objek tertentu yang menutupi semua gambar, Anda menjaga titik tengah tetap utuh.

Karena itu, Anda perlu menggambar lingkaran besar, persegi panjang, atau bahkan garis yang menutupi seluruh gambar. Bentuk ini akan menjadi panduan tiruan Anda dan memberikan titik tengah yang konstan.

  • Gambarlah sebuah lingkaran besar menggunakan ellipse tool. Tahan tombol shift saat menggambar untuk membuat lingkaran sempurna.
  • Buat keselarasan ke artboard. terpusat secara horizontal dan vertikal.

Karena lingkaran ini akan membatasi batas gambar, lingkaran ini tidak perlu terlihat.

  • Hapus ve fill color dan stroke color dari lingkaran.
  • kunci lingkaran ini menggunakan panel Layers seperti yang ditunjukkan di bawah ini

Sekarang, artboard sudah siap untuk menggambar cermin tetapi untuk membuatnya lebih jelas di mana sumbunya, kita perlu satu langkah lagi untuk membuatnya.

  • Buat layer lain dan beri nama “Guides”
  • Beralih ke lapisan ini dengan mengklik panel lapisan
  • Tekan tombol CTLR/CMD + R untuk menampilkan penggaris jika tidak terlihat
  • Seret panduan dari penggaris kiri dan jatuhkan ke artboard.
  • membuat keselarasan horizontal di tengah.
  • Anda dapat mengunci lapisan ini jika Anda suka
  • Beralih kembali ke lapisan sebelumnya yang akan kita gambar objek

Langkah 4.

  • Mulailah menggambar Jadikan warna stroke hitam dan weight 3 pt.
  • Jika tidak, aktifkan “Snap to point” di bawah menu View dan matikan snap lainnya. ini akan membantu Anda membuat gambar yang jauh lebih akurat.
  • Pergi ke pen tool. Mulailah menggambar sesuatu yang mirip dengan gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini hanya berisi dua titik jangkar halus (smooth anchor points)

Gambar sebenarnya ada di sisi kiri. Objek kanan hanyalah efek pantulan otomatis dari objek kiri. Oleh karena itu Anda tidak dapat memilih kedua objek secara bersamaan.

Langkah 5.

Perluas tampilan untuk dapat menyalin seluruh objek

Terkadang memiliki gambar cermin tidak cukup bagi para desainer. Mereka ingin bergabung dengan titik jangkar di kedua sisi. Ini mungkin dilakukan jika efek cermin diubah menjadi jalur yang nyata atau aslinya.

Solusinya jelas: gunakan perintah Expand Appearance di bawah menu objek.

Harap dicatat bahwa perintah expand and expand berfungsi untuk tujuan yang berbeda. Perluas tampilan aktif hanya jika ada efek yang diterapkan pada jalur. Stroke dan warna biasa tidak dihitung sebagai efek. Oleh karena itu perintah berwarna abu-abu jika tidak ada efek pada jalur. Aturan yang sama diterapkan untuk bentuk dan garis biasa. Bahkan objek yang dibuat menggunakan alat pembuat bentuk dan alat campuran tidak dihitung sebagai efek.

dalam kasus ini, mimin mencontohkan memiliki jalur dengan stroke hitam 3 pt dan tanpa isian. oleh karena itu perintah expand tampilan tidak berfungsi untuk. Tapi kita bisa memanipulasi dan membuat trik menggunakan perintah expand tampilan expand appearance command.

Metode 1: Menggunakan alat brush sebagai katalis

Brush adalah jalur yang diterapkan efek tertentu padanya. sehingga perintah expand tampilan dapat digunakan untuk brush.

Ambil brush tool dan buat titik di artboard. Layer juga akan secara otomatis membuat gambar yang dipantulkan untuk titik ini. pilih objek brush itu di artboard dan goto Object>expand Appearance ungroup objek yang diperluas dan hapus katalis (titik dibuat menggunakan alat kuas) dan cermin. (terkadang perintah ungrouping perlu dijalankan beberapa kali).

Sekarang memiliki jalur individu. Anda dapat bergabung dengan titik jangkar jika diinginkan.

Metode 2: Menambahkan Stroke baru menggunakan panel

Tampilan Menambahkan fill atau stroke baru pada jalur dihitung sebagai efek. Oleh karena itu, tampilan yang diperluas akan berhasil. Ayo lakukan.

  • Pilih jalur yang Anda gambar.
  • Buka panel appearance (Window> Appearance).
  • Klik Tambahkan ikon stroke baru (1). goresan baru akan ditambahkan ke bagian atas baris di panel tampilan.
  • Hapus warna goresan (2) jika ada.

tetap memilih sebuah path. pergi ke Object>expand appearance ungroup objek yang diexpand

Hanya itu saja !. Enjoy!

BACA JUGA  Cara Jitu Mempercepat Internet dengan CMD