Cara Membuat Android Lebih Cepat Dan Halus (10 Tips)

Ponsel Android bersaing dengan komputer dalam hal perangkat keras dan perangkat lunak. Fitur tidak kalah dengan dukungan memori yang besar, kualitas kamera, panggilan video, pengeditan foto, internet cepat, dukungan touchscreen, Aplikasi dan Game, dll. Ponsel Android sekarang semakin berkembang dengan sangat scepat, tetapi ini berubah seiring waktu dan akhirnya para pengguna melihat perangkat yang melambat. Karena perangkat Android semakin besar dengan macam-macam layanan, dikarenakan ada saja kendala atau troubleshoot melambatnya performa.

Ada banyak alasan mengapa perangkat Android melambat termasuk ukuran RAM yang kecil, Multitasking, Memori cache penuh, Aplikasi berbenturan satu sama lain dan masalah kompatibilitas Aplikasi, virus dan bug dan masalah perangkat keras, dll.

Karena alasan di atas, perangkat Android kita melambat, dan kinerjanya berkurang. Oleh karena itu, jika Anda juga mengalami kecepatan dan kinerja yang lambat, kami bagikan tips atau solusi untuk Anda. Di sini, di artikel ini, kami memiliki tip dan trik terbaik untuk membuat Android lebih cepat dan mendapatkan kembali kinerja perangkat Anda dan membuatnya tampil seperti semula.

1. Instal Hanya Aplikasi yang Diperlukan.

Google Play Store sangat maju dengan penuhnya aplikasi dan game android. Sebagian besar aplikasi ini sangat fungsional, dan permainannya dengan sangat bagus. Dengan demikian, pengguna tergoda untuk menginstal banyak aplikasi ini untuk mengiklankan lebih banyak fitur di ponsel mereka. Tapi, ada kerugian besar untuk itu.

Menginstal sejumlah besar aplikasi akan memperlambat perangkat. Ini karena semua aplikasi ini memiliki layanan latar belakang yang terus berjalan dan cenderung memperlambat perangkat. Oleh karena itu, disarankan untuk menginstal hanya aplikasi yang paling sering Anda gunakan.

 

android apps uninstall

 

2. Nonaktifkan Animasi Layar Dan Wallpaper Dinamis.

Cara lain agar Android lebih cepat dan meningkatkan kinerja perangkatnya adalah dengan menonaktifkan animasi layar dan wallpaper dinamis. Animasi dan wallpaper dinamis memperlambat kecepatan menu geser dan efek sentuh.

Jika Anda ingin menginstal peluncuran khusus, Anda harus menginstalnya sesuai dengan kompatibilitas perangkat Anda yang seharusnya tidak mempengaruhi kecepatan pemrosesan Anda. Untuk menonaktifkan animasi, pergi ke “Pengaturan >> Tampilan” atau “Opsi Pengembang” di perangkat Anda.

 

BACA JUGA  Cara Menggambar Secara Mirror Pada Adobe Illustrator CC

 

android turn off animations

 

3. Jangan Pernah Instal Aplikasi Manajemen RAM.

Pada Play Store banyak aplikasi manajemen RAM dan pembersih sampah. Sebagian besar pengguna memasang aplikasi ini di ponsel mereka, berharap melihat peningkatan kinerja perangkat mereka. Tapi, aplikasi ini adalah mimpi buruk dan memperlambat ponsel lebih jauh.

Mereka memulai layanan latar belakang seperti kunci aplikasi dan pintasan pembersihan di layar yang menghabiskan banyak RAM dan daya pemrosesan. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda menghapus RAM secara manual daripada menggunakan aplikasi berbahaya tersebut dan membuat kecepatan android lebih cepat.

4. Kosongkan Memori Cache Aplikasi Anda.

Perangkat Android juga melambat saat data Aplikasi mengisi memori cache ponsel Anda. Memori cache berisi file dan gambar yang diperlukan oleh Aplikasi pada saat memulai. Cache akan meningkatkan kecepatan perangkat Anda dengan mengurangi jumlah akses memori ROM.

Terkadang memori cache ponsel kita diisi oleh Aplikasi yang tidak digunakan. Jadi kita harus menghapus memori cache untuk mendapatkan kembali kecepatan ponsel kita. cara ini dapat menghapus cache dengan pengaturan

> storage >> cached data.

android clear all cache

 

5. Kosongkan Beberapa Ruang.

Sebagian besar dengan berjalannya waktu, ponsel android melambat karena ruang penyimpanan penuh atau hampir penuh. Anda harus selalu menyimpan cukup ruang di penyimpanan Anda sehingga ponsel Anda dapat bekerja dengan baik.

Periksa penyimpanan Anda dengan menuju ke “Pengaturan >> Penyimpanan”. Hapus file yang tidak digunakan atau cadangkan di layanan cloud seperti Google Foto atau Dropbox.

android internal storage

 

6. Hapus Widget.

Tidak peduli seberapa bagus tampilannya di layar beranda dan layar kunci Anda, Widget menghabiskan banyak sumber daya sistem dan RAM. Oleh karena itu, mereka memperlambat kinerja sistem.

Jadi, untuk mempercepat perangkat android Anda, gunakan hanya Widget yang menurut Anda paling berguna dan singkirkan yang lain. Ini juga akan membantu Anda menghemat baterai.

7. Mulai Ulang Setiap Pagi.

Salah satu tip terbaik untuk mendapatkan kinerja terbaik perangkat Android Anda adalah memulai hari dengan REBOOT cepat. Mem-boot ulang ponsel Anda di pagi hari menyegarkan setiap proses dan mematikan yang tidak perlu.

BACA JUGA  Tips cara mempercepat koneksi internet

Ini membantu Anda mendapatkan kinerja yang lancar dan cepat dari perangkat Anda sepanjang hari tanpa gangguan apa pun. Semua pengembang Android juga merekomendasikan untuk melakukannya dan membantu membuat Android lebih cepat.

8. Perbarui Perangkat Lunak Ponsel Anda.

Perusahaan smartphone terus berusaha membuat pengalaman Android Anda lebih baik dan terupdate. Dengan demikian, mereka terus-menerus memperbaiki bug dan mendorong pembaruan yang memperlancar kinerja perangkat Anda dan membuatnya cepat dan cepat.

Anda harus memperbarui telepon Anda segera setelah pembaruan perangkat lunak muncul. Pembaruan ini juga berisi pembaruan Android dan patch keamanan yang dirilis oleh Google, yang sangat membantu untuk kecepatan dan keamanan perangkat.

9. Lakukan Reset Pabrik.

Jika semua metode di atas tidak berhasil untuk Anda, Anda dapat mencoba mengatur ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik. Ini akan menghapus semuanya dari perangkat Anda dan membuatnya seperti di luar kotak. Oleh karena itu, apa pun yang memperlambat perangkat Anda akan dihapus, dan itu cepat dan membuat android lebih cepat.

10. Menghapus Bloatware.

Google membuat stok Android sangat ringan dan cepat. Tetapi produsen seperti Samsung, Mi, dll. memuatnya dengan Aplikasi yang tidak dapat Anda hapus. Misalnya, Ponsel Anda mungkin memiliki 2 browser – chrome dan browser perusahaan Anda, dan bahkan 2 pemutar musik.

Hal ini membuat perangkat lunak berat dan lamban di kali. Karenanya, Anda dapat menonaktifkan Aplikasi yang tidak Anda gunakan tetapi terinstal di ponsel Anda di luar ketentuan. untuk menonaktifkan Aplikasi yang tidak perlu, buka “Pengaturan> Aplikasi> Semua Aplikasi” lalu ketuk aplikasi dan tekan “Nonaktifkan”.

Kesimpulannya, Ini adalah cara terbaik untuk mempercepat dan membuat Android lebih cepat dan pengalaman pengguna kembali ke perangkat baru. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pertanyaan tentang artikel ini, silakan berbagi dengan kami di komentar di bawah. Kami harap panduan sederhana ini membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari ponsel Anda.