Cara Jitu Mempercepat Internet dengan CMD

Cara Internet Cepat merupakan kebutuhan yang utama untuk mengakses dan mendownload. Kalian pasti kesal saat terhubung ke internet tetapi koneksi tidak stabil atau sama sekali susah membukan halaman yang ingin dikunjungi kan ?

Tidak hanya di browser yang lelet saja saat membuka halaman web yang ingin kita kunjungi, tapi juga pada saat bermain game yang super lelet sehingga bermainpun jadi tidak asyik lagi.

Kecepatan internet menjadi kebutuhan utama dalam mengakses sebuah web ataupun pada saat kalian mendownload file yang diharapkan sangat cepat, tetapi hasilnya sangat lambat dan bikin kesal. Tenang saja bro kali ini kami memberikan solusi Cara Internet Cepat yang sangat sederhana dan tidak perlu instal aplikasi yang berat-berat bahkan tak perlu menginstallnya.

Ya, tentu saja solusi yang perlu dicoba adalah dengan menggunakan CMD sebagai alat bantu yang akan mengisi perintah-perintah yang kalian inginkan.

Artikel ini akan membahas tips dan triknya cara internet cepat yang sangat simpel dan hanya menggunakan dengan CMD saja. Cara jitu mempercepat internet dengan CMD banyak sekali dari kalian yang belum tahu bukan ? Banyak kasus yang dialami pelanggan layanan komunikasi tertentu yang komplain akan kinerja dari koneksinya yang lambat, tetapi hal itu justru sangat aneh jika kita komplain padahal konfigurasinya lah yang tidak sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Sebetulnya dalam membangun sebuah koneksi internet yang baik perlu mengerti CMD dan perintah-perintah apa saja yang harus dipahami,

Bagaimana Cara Internet Cepat Menggunakan CMD ?

Baiklah mari kita bahas cara internet cepat, Inilah langkah-langkah untuk mempercepat internet menggunakan CMD :

º Perikasa kecepatan internet menggunakan CMD dengan perintah Ping ke Default Gateway sebagai cara internet cepat

Mungkin untuk siswa ataupun lulusan dari sekolah jurusan TKJ, perintah ping tidak aneh lagi didalam menggunakan CMD. Nah untuk kalian yang masih awam dalam menggunakan CMD ini, kami akan memberikan tutorialnya.

  • Masukan perintah ipconfig/all, setelah dimasukan perintah tersebut maka kamu akan mendapatkan IP dari Gateway bawaan (default).
  • Jalankan perintah ping -t kemudian masukan alamat gatewal yang telah didapat dengan perintah sebelumnya.
  • Perhatikan pada nilai yang muncul, jika nilai/value nya kecil maka koneksi dipastikan cepat.

Namun apabila ping dijalankan terus menerus tanpa menutupnya, kemungkinan akan menghabiskan bandwitch yang tersedia dan maka dari itu setelah memeriksanya tutup kembali CMD.

BACA JUGA  Cara Membuat Android Lebih Cepat Dan Halus (10 Tips)

º IP release and renew

Setelah WIFI tersambung dengan internet dan dapat mengakses dengan baik, dalam hal ini “IP release” dan “Renew/Perbaharui”, pengaruh setelahnya akan meningkatkan koneksi cepat tetapi bersifat sementara, itu kembali lagi tergantung kekuatan WIFI-nya tetapi sebaliknya jika kalian menggunakan LAN maka tidak ada perubahan apapun.

º Percepat Kecepatan Internet Dengan Perintah “Netsh Int TCP”

Tetap pada jendela CMD, jalankan perintah “Netsh Int tcp” perhatikan pengetikannya ya karena jika salah mencoba perintah apapun di CMD maka tidak akan berhasil.

Setelah mengikuti perintah diatas coba perhatikan setelahnya, jika kalian tidak menerima level autotuning pada jendela CMD menampilkan “normal” seperti ada pada gambar dibawah ini.

 

Cara internet cepat Dengan Perintah "Netsh Int TCP"

Maka selanjutnya lakukan cara step selanjutnya dibawah ini.

º Lakukan Perintah “netsh int tcp set global autotuninglevel=normal”

Nah akhiranya pada tahap ini dan kalian coba masukan perintah diatas yang akan mengatur jendela penerimaan TCP kalian ke Normal dari kondisinya yang sebelumnya dinonaktifkan atau dibatasi.

TCP Recieve adalah salah satu kunci dalam kecepatan pada saat kalian download. Seperti yang kami contohkan dengan ditampikannya gambar diatas memunculkan “normal” berarti itu jelas menandakan koneksi akan meningkat dan untuk kecepatan download pun sesuai yang diharapkan dengan tergantung perangkat WIFI yang digunakan.

Setelah melakukan perintah diatas, lanjut kita coba mulai memeriksa kecepatan dengan parameter yang ada pada Windows seperti kita cek faktor lambat dan jika diukur akan sekencang apa atau selambat apa. Jika lambat dalam bahasa Sistemnya adalah “Heuristik Penskalaan Windows”.

Untuk cara penggunaan parameternya ikuti perintah dibawah ini.

º Ketik : netsh interface tcp show heuristics

Nah dalam studi kasus ini kami mencontohkan saat dinonaktifkan. Beberapa kasus kebanyakan pastinya kalian dalam kondisi aktif (Bawaan Windows), yang artinya dari microsoft senditi sengaja mengaktifkannya untuk membatasi koneksi internet yang kalian pakai. Jadi coba kalian tidak mengaktifkannya demi kelancaran internet yang lebih baik dan kencang saat download karena tidak ada batasan didalamnya.

Selanjutnya ikuti kembali caranya dengan cara perintah berikut.

º Ketik : netsh interface tcp set heuristics disabled

Lakukan perintah ini kemudian kalian tekan Enter, otomatis akan muncul ‘OK’ dan kalian coba cek kembali maka kecepatan internat tambah meningkat.

Setelah kalian mencobanya cara-cara dengan perintah diatas, ada cara selanjutnya yaitu untuk mengukur nilai waktu untuk mendapatkan  pesetujuan ping dari gateway defaultnya. Maksudnya kalian agar lebih tahu setelah mengeceknya apakah kecepatan internet meningkat atau hanya di nilai yang tetap saja yang sangat lambat.

BACA JUGA  Cara Menggambar Secara Mirror Pada Adobe Illustrator CC

Apa Manfaat Mengikuti Cara-cara diatas ?

Windows telah merancang suatu sistem yang bisa dibilang sudah cukup lengkap, akan tetapi banyak dari kalian yang tidak tahu ataupun malas untuk mencari tahu apa saja yang ada di Windows itu sendiri.

Kembali kepada diri kita dan banyak sekali pengguna Windows itu sendiri lebih memilih memakai aplikasi luar yang tentunya cukup riskan apabila dipakai, kenapa bisa dibilang cukup riskan ? alasannya karena tidak menutup kemungkinan adanya spyware ataupun malware didalamnya yang bisa merusak file ataupun kehilangan data penting itu sendiri.

Sebetulnya tidak ada salahnya mencoba aplikasi diluar windows, akan tetapi harus hati-hati dalam memilih software apakah yang mau dipakai, jika kalian suka dengan yang gratis itu menjadi patokan kalian harus melihat rating aplikasinya atau bisa lihat forum yang tersedia apakah software itu aman atau tidak, jika aman tidak menjadi masalah atau lebih di rekomendasikan cari software yang berbayar dan dapat di update sewaktu-waktu dengan pelayanannya yang lebih baik.

Penting!

Cara menggunakan perintah CMD lah yang menurut kami aman dan di rekomendasikan oleh windows sendiri, dengan fiturnya yang sederhana dan dijamin aman tentunya.

Akhir Kata

Setelah kalian baca artikel ini, kami berharap agar artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kalian yang baru mengenal windows atau sistem jaringan yang telah disediakan, dengan adanya tutorial ini semoga dapat membantu kalian dalam membangun suatu sistem jaringan yang lebih baik dan aman.

Seperti yang telah disebutkan hal yang selalu diperhatikan adalah bukan hanya kecepatan internet saja yang cepat tetapi keamanan datapun sangat penting dalam kepengelolaan datanya. Ada banyak kasus diatas yang belum paham akan setingan atau cara mempercepat internet dan banyak juga yang komplain ke sebuah layanan komunikasi tetapi tidak memeriksa terlebih dahulu perangkat atau setingan pada WIFI.

Harapan bagi dunia komunikasi adalah kelancaran transfer data itu sendiri, dengan artikel ini semoga banyak membantu untuk kalian didalam kecepatan internet yang sesuai keinginan dengan ketentuan maksimal perangkat WIFI itu sendiri.

Terimakasih.