Cara Download Video Pada Instagram

Pada artikel kali ini membahas tentang cara download video IG di android dan PC dengan simpel.  Ada kalanya Anda tidak ingin melihat-lihat saja video yang ada pada instagram. Tetapi tidak ada mekanisme ataupun pilihan untuk menyimpannya, seperti video di Instagram tersebut ke penyimpanan ponsel atau perangkat lainnya. Namun, ada cara tertentu untuk mengunduhnya dan mungkin sedikit rumit untuk melakukannya.

Jadi dalam artikel ini kami akan menunjukkan beberapa metode untuk mengunduh video Instagram di perangkat PC, Android, dan iOS Anda.

Peringatan:

Mengunduh video Instagram untuk mengubah atau membagikannya sebagai milik Anda adalah tindakan ilegal. Anda hanya dapat mengunduh video untuk penggunaan pribadi. Jika Anda akan melanggar hak cipta, kami tidak akan bertanggung jawab atas tindakan apa pun yang dilakukan terhadap Anda.

Cara unduh video Instagram di PC

Pada PC Anda, Anda dapat melakukannya secara manual atau mendapatkan bantuan dari layanan pengunduhan video online. Langsung saja kami bahas pada artikel ini.

Metode 1: Unduh dari kode sumber

Anda dapat memeriksa kode sumber halaman video dan mengekstrak tautan unduhan dari sana. Begini caranya:

  • Buka video yang ingin Anda ingin unduh.
  • Klik kanan padanya dan pilih Inspect element. Tergantung pada browser Anda, namanya bisa berbeda, seperti Lihat sumber halaman.
  • Sekarang tekan tombol Ctrl + F untuk membuka opsi Temukan dan ketik “.mp4” di dalamnya.
  • Pencarian akan membuka bagian kode. Di sini, salin tautan di sebelah src= (tautan diakhiri dengan .mp4).
  • Cukup tempel tautan ini di tab baru dan video akan mulai diputar. Anda kemudian dapat mengeklik kanan dan memilih Simpan video untuk mengunduh video.

Metode 2: Gunakan tool (VideoHunter)

Dengan cara ini, kami ingin merekomendasikan pengunduh yang stabil dan berkualitas tinggi, VideoHunter. Antarmukanya yang ringkas dan ramah pengguna akan menyesuaikan fungsi yang sederhana dan mudah digunaka, sehingga Anda dapat menggunakannya dalam mengunduh video dengan waktu singkat. Untuk tahapan itu, Anda hanya perlu pendaftaran sederhana dan pengunduh ini akan mengembangkan kembali semua jenis video luar biasa secara gratis.

  • Salin URL video Instagram favorit Anda dan tempel ke kotak input VideoHunter.
  • Klik “Analyze” dan itu akan memberikan beberapa pilihan format output untuk opsi Anda.
  • Pilih format output yang Anda inginkan dan klik “Unduh”. Fitur unduhan batchnya pasti patut dicoba yang akan menghemat banyak waktu Anda.
BACA JUGA  10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android Gratis

Ini juga dapat untuk mengklik ikon drop-down di samping “Unduh” dan pilih “audio” untuk menyimpan audio saja.

Metode 3: Gunakan layanan online

Pada dasarnya, jika anda suka tool online gratis, ada pilihan rekomendasi untuk anda yaitu DownloadVideosFrom. Dalam pengalaman kami, Ini sedikit intuitif daripada yang lain dan menambahkan beberapa fitur tambahan yang mungkin menarik bagi Anda. Berikut cara menggunakannya:

  • Buka video Instagram yang ingin Anda unduh dan salin URL-nya.
  • Sekarang buka DownloadVideosFrom dan rekatkan URL ke kolom teks.
  • Di bawah, klik Unduh MP4 untuk mengonversi dan mengunduh video.

instagram downloader

 

Dan fitur lainnya Ada juga opsi untuk mengunduh MP3 (hanya audio video) atau foto Instagram.

 

Unduh video Instagram di Android

Di Android sendiri, video dapat di unduh setelah melihatnya, Anda hanya perlu menemukan tempat penyimpanannya. Atau, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh video tanpa harus melihatnya terlebih dahulu. Mari kita coba kedua metode:

Metode 1: Dapatkan video Instagram dari cache aplikasi

Untuk membuatnya berfungsi, pertama-tama buka dan tonton video yang ingin Anda unduh.  Oleh karena itu, pastikan Anda menonton seluruh video jika Anda ingin video lengkap.

Selanjutnya, buka File Manajer pada ponsel Anda dan buka Android > data > com.instagram.android > cache > video. Di sini Anda akan menemukan semua video yang telah Anda lihat, dan akan memiliki ekstensi .clean. Anda dapat mengetuknya dan memilih opsi Video untuk memutarnya.

Jika Anda ingin mengonversinya ke format audio, cukup ganti namanya dan ubah ekstensi .clean menjadi .mp4.

Catatan: Semua video ini disimpan sebagai cache. Jika cache telepon dihapus, maka video ini juga akan dihapus. Jika Anda ingin menyimpan video secara permanen, Anda harus memindahkannya ke lokasi lain.

 

Metode 2: Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika Anda menginginkan metode yang lebih handak yang tidak akan memaksa Anda untuk melihat setiap video, maka aplikasi pihak ketigalah solusinya. Kami merekomendasikan Pengunduh Video untuk Instagram, gratis dan iklannya tidak terlalu mengganggu. Mari kita lihat cara menggunakannya:

  • Setelah membuka aplikasi Instagram, buka video yang ingin Anda unduh dan pilih menu di sudut kanan atas (tiga titik vertikal).
  • Kemudian pilih Salin tautan.
  • Setelah itu, buka Pengunduh Video untuk Instagram dan tekan Paste.

Tautan akan ditempelkan dan video akan otomatis diunduh dan disimpan di galeri.

Unduh video Instagram di iOS

Pada iOS itu sendiri pilihannya sangatlah terbatas, tetapi kami tahu aplikasi repost yang bagus yang juga mengunduh foto dan video Instagram. Regrammer adalah aplikasi yang sepenuhnya gratis (didukung iklan) yang akan membantu Anda mengunduh video apa pun dari Instagram ke perangkat iOS Anda.

BACA JUGA  Realme GT Neo2 : Model ini memiliki kinerja gaming yang sangat mengesankan

Penggunaannya sama dengan Video Downloader for Instagram. Cukup salin URL video dari Instagram dan tempel di aplikasi Regrammer. Setelah itu, ketuk Pratinjau untuk membuka dan mengunduhnya. Video akan disimpan secara otomatis di rol kamera dan Anda akan melihat opsi untuk memposting ulang.

Kami sangat rekomendasi menggunakan pihak ketiga karena cara yang jauh lebih mudah untuk mengunduh video Instagram. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyalin/menempel tautan untuk mendapatkan video Anda. Meskipun cara manual juga dapat bekerja dengan baik dalam situasi tertentu. Misalnya, jika Anda ingin mengunduh video dari riwayat video yang Anda tonton, maka metode ponsel Android manual adalah pilihan yang bagus.

Cara Alternatif untuk dicoba

Cara yang ampuh dan mudah adalah dengan pihak ketiga selanjutnya, yaitu dengan aplikasi InsTake.

InsTake Downloader Mudah digunakan dan sangat serbaguna, InsTake Downloader adalah aplikasi terbaik untuk menyimpan video instagram. Aplikasi ini hanya berukuran 3,3 megabyte (MB) dan memiliki lebih dari satu juta unduhan di Google PlayStore. InsTake Downloader dapat digunakan untuk download gambar, video, Instagram Story, IG TV, Instagram Reels, bahkan gambar profil. Tidak ada batasan jumlah unduhan yang dapat Anda lakukan. InsTake Downloader tersedia di perangkat Android dan iOS.

Cara alternatif terakhir untuk anda jika malas untuk mendownload aplikasi pihak ketiga yaitu dengan cara yang paling sedehana sekali alias cara manual dari bawaah ponsel anda sendiri. Berikut caranya :

Selama Anda memiliki izin dari pembuat aslinya, ada beberapa solusi untuk itu. Salah satu cara mudah untuk menyimpan video Instagram adalah dengan merekam layar Anda saat video sedang diputar.

Untuk pengguna iOS, Anda dapat melakukan ini dalam lima langkah:

  • Gesek ke atas dari bagian bawah iPhone Anda untuk mencapai Pusat Kontrol.
  • Tekan tombol Rekam melingkar.
  • Ketuk Mulai Merekam. Hitung mundur tiga detik sekarang akan dimulai sebelum merekam.
  • Rekam video Anda.
  • Buka Pusat Kontrol lagi dan ketuk tombol Rekam melingkar merah untuk berhenti.

Nah itu cara-cara yang kami rekomendasikan untuk Anda untuk segera mencobanya.