oleh

Dugaan Bermasalah, Kejati Diminta Usut Proyek Dinas Perkebunan Provinsi Jambi

Perisai News-Dinas Perkebunan Provinsi Jambi didemo puluhan lembaga sosial penggiat anti korupsi yakni, aliansi masyarakat anti korupsi dan manipulasi yang tergabung dalam AMPUTASI.

Seusai berdemo di Kantor Perkebunan dilanjutkan ke Kantor Kejati Jambi, Rabu (08/07).

Koordinator aksi, Anca Firman dalam orasinya mendesak pihak Kejati agar mengusut proyek pembangunan tata air mikro (TAM), pembangunan sarana irigasi dan optimalisasi lahan perkebunan yang berlokasi di Sungai Sayang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi yang dikerjakan CV. Kyndo Perkasa tahun 2019.

Dilansir dari gojambi.com, Anca mengatakan, proyek itu menelan dana hampir setengah miliar. Namun dilihat dari hasil pengerjaan fisiknya, serta material yang terpasang nilai belanjanya jauh lebih rendah dari nilai kontrak.

“Kami menilai, harga proyek itu diduga dimark up, sehingga kami mendesak pihak Kejati agar memanggil dan memeriksa kepala dinas perkebunan sebagai penaggung jawab anggaran, PPK, PPTK dan direktur utama CV. Kyando Perkasa, ULP/UPJK ,” kata Anca.

Selain itu, diusulkan pada Gubernur Jambi, Fachrori Umar supaya mengganti kepala dinas perkebunan karena kurang profesional mengelola anggaran khususnya APBD.

Salah satu bukti, proyek yang di Sungai Sayang dan pengadaan bibit kopi dan karet tahun 2019 dan ada lagi proyek fisik milik dinas perkebunan itu belum kami ungkap. Pengadaan bibit kopi dan karet ini tidak luput dari pantau kami.

“Bila perlu, ayo kita lakukan joint investigation,” kata Anca.

Kepala Dinas Perkebunan, Agusrizal ketika dikonfirmasi gojambi.com sedang tidak berada ditempat. Pak Kadis ke Muarojambi, ujar staf.

Sementara Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Perlindungan Perkebunan, Johan Fatikhin mengatakan proyek yang di Sungai Sayang itu ada pihak yang bertanggungjawab yakni PPTK, namanya Puput Putri, katanya.

 

Sumber: gojambi.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed